Saturday, 14 May 2016

[TIPS] Walkthrough Ngerjain Skripsi

Skripsi,
Satu kata yang jadi mimpi buruk mahasiswa semester akhir.

Sebenarnya gunanya skripsi itu apa? Skripsi tuh cuma suatu hal yang ngeribetin doang bener gak sih? Mana SKS-nya besar banget lagi, kebayang ga kalo misalnya IPK lo cuma 2,5 dan lo dapet nilai sidang C. Ancur ga rasanya? Lebih parah dari UN sih ini, karena UN kan kalo gagal masih bisa ikut ujian ulang lah.. Nah kalo sidang dapet C dan IPK mepet? Males banget lagi ambil matkul skripsi semester depan, harus bayar SKS lagi, bayar uang gedung lagi, ketemuan sama dospem lagi, print kertas lagi....

Tapi kita ga boleh nyerah
Kita harus melewati skripsi apapun hasilnya demi gelar S1 yang udah bener-bener tinggal selangkah lagi
Demi orang-orang yang percaya bahwa kita bisa lulus
Walaupun itu sakit, penuh air mata dan pertumpahan darah

Oke gue mau cerita dan bagi pengalaman dikit aja buat kalian yang lagi dilanda mimpi buruk ini, gue baru aja lulus dari sidang gw dengan nilai yang biasa-biasa aja (B) bulan April 2016 kemarin. Jujur sih awalnya gue ga nyangka dapet B, karena secara gue agak kurang memahami objek gue, tapi overall gue menguasai landasan teori dan bisa mempertanggung jawabkan apa yang udah gue bikin ini, so pengorbanan gue layaklah dihargai B.

Skripsi.
Untuk mahasiswa yang mau atau sedang bikin, skripsi ini tuh kaya Boss Monster di game yang ga diketahui kelemahannya apa sehingga gak bisa dikalahin. Tapi kalo untuk orang yang tinggal nunggu wisuda dengan nilai yang biasa itu sih udah kayak kenangan sama cinta pertama aja. Suka dukanya terukir dihati *eaaakkk

Gue udah gambarin seluruh prosedur skripsi yang pernah gue jalanin kemarin dengan gambar sederhana yang imut. Proses yang harus kalian jalani ada 6 tahap. Dan tiap 6 Tahap itu punya kesulitan berbeda. Kalo menurut gw proses tersusah itu nomer 2,3,1,4,5, tapi paling debes sih urusan bagian administrasi haha, sumpah!

Tapi tenang-tenang pada postingan gue kali ini gue akan kasih tips and trick untuk mengatasi dan menyiasati gimana cara mempercepat skripsi kalian untuk sampai ke step FINISH! Istilahnya gue bakal share Walkthrough nih buat kalian yang butuh banget tips seputar skripsi/ tesisnya ysng lagi mandeg buntu, atau gatau harus gimana lagi. kalian udah sampe pada keputusan yang tepat untuk Googling kemari!!!
Proses menuju kebebasan hakiki ala sekar
oke gausah basa basi lagi gue akan mulai step penyusunan skripsi yang tepat dan cepat! Kalo niat 2 bulan juga kelar! WARNING TIPS BERLAKU UNTUK PENELITIAN KUALITATIF! Mungkin agak guna dikit untuk motivasi kalian yang buat skripsi penelitian kuantitatif. Cek dulu ya!!
1. Ga tau harus bikin apa
    Fase Kebodohan. Bwahaha, tapi wajar banget sih ini, semua orang pasti harus lewati masa ini, apa lagi kalian gak punya temen atau kenalan yang sekiranya bisa ditanyain pendapat seputar skripsi kalian. atau seandainya ada, ternyata topik yang mereka saranin sama sekali ga sesuai dengan kapasitas otak kalian. Nanya ke google soal judul skripsi juga kayanya ga ngebantu-bantu banget sih.
    Jadi saran gue, mendingan kalian main-main deh ke perpustakaan kampus dan menggeledah setiap judul skripsi yang sesuai dengan jurusan kalian. Waktu itu gue dateng keperpus kampus, geledah semua skripsi, dan gue pilih skripsi yang halamannya paling dikit yang gak lebih dari 100 halaman termasuk lampiran! dari situ gue dapet beberapa judul, sekitar 5 lah. Dari 5 judul itu gue bukain masing-masing skripsi terutama BAB 4nya. Karena gue agak alergi sama berhitung, gue tutup lah itu skripsi-skripsi yang ada angka dan rumusnya. Dan dapetlah gue 1 judul skripsi penelitian kualitatif yang mengutamakan analisis. Akhirnya gue baca lagi, dan pada hari itu juga gue fix-in gue ambil tema itu.
hasil hunting skripsi
2. Bingung cara dapet data dan mengolahnya
    Sebelum masuk bikin skripsi, kalian bakalan disuruh bikin proposal skripsi dulu. Proposal ini biasanya terdiri dari 3 bab dan gunanya untuk kelayakan, niat kalian, serta untuk nunjuk dospem (Dosen Pembimbing). Disini gue jujur masih gatau apa yang mau gue bikin nanti, dan waktu itu seinget gue sama sekali ga ada bantuan atau penjelasan gimana caranya gue ngerjain skripsi. Ya cuma bermodalkan buku panduan skripsi yang isinya peraturan-peraturan penulisan skripsi doang. Sumpah gue bingung banget bikin apa dan objeknya apa. Tapi waktu bokap nawarin perusahaan temennya untuk dijadiin objek. Perusahaannya berbentuk PT, udah berbadan hukum pastinya, cuma skalanya masih kecil sih, namun masih oke untuk dijadiin kriteria. Akhirnya daripada bingung gue putusin untuk ambil objek itu.
    Tapi masalah ga cuma disitu aja, gue bingung waktu kunjungan pertama gue harus ngapain, nyiapin apa, dan pertanyaam apa yang harus gue ajuin (data kualitatif). Akhirnya kunjungan pertama gue selesai cuma dengan ngobrol singkat soal perusahaan, dan sisanya bokap gue yang cerita-cerita. Tapi dari sini seenggaknya gue udah ngerti dikit banget objek perusahaan gue apa dan gue mulai ngerjain nyontoh dari skripsi kakak kelas. Nyontoh loh ya bukan Copy-paste. Hmm Copy-paste sih dikit, tapi diganti kok sueeerr dan dimasukin ke referensi juga! Beneran kak!
   Saran untuk fase ini, untuk penelitian kualitatif kalian harus tau dan punya relasi sama perusahaan yang kalian jadiin objek. Kalo engga ya jangan harap skripsi kalian jalan. Banyak yang gugur karena seenaknya nentuin objek padahal si objek belum tentu mau dijadiin objek, makanya kalian harus pastiin dulu. Lalu pas kunjungan pertama, selain minta gambaran umum perusahaan, kalian harus siapin pertanyaan. Bingung bikin pertanyaan? liat skripsi kakak kelas bagian lampiran. biasanya quesioner ada di lampiran, lalu usahakan direkam. atau jika narasumber tidak mau direkam kalian harus tulis jawaban penjelasan mereka, tulis yang rapi supaya mereka bisa baca dan tandatangan. karena kalo dapet penguji iseng, hasil wawancara suka ditanya! Oh ya, pas wawancara jangan dadakan ya kasih tau si perusahaan dulu dan usahain bahwa buah tangan, cake, buah, atau apapun itu!
    Kalo data hasil wawancara udah oke baru deh kita bikin proposalnya. Disini gue cuma kasih saran liatlah dari beberapa skripsi kakak kelas yang berbeda buat jadi referensi. Manfaatkan E-library yang disediakan kampus dengan maksimal!
e-library kampus B

3. Ga sejalan sama dospem
    Proposal kelar dan diperiksa sama admin sudah oke ditentuin lah siapa dosen yang akan membimbing kita untuk mengalahkan skripsi ini. Pas awal gue pikir dospem ini tu sejenis penyelamat yang bantuin kita bikin skripsi, yang selalu ngebaca, mengoreksi apa yang kita bikin, yang selalu kasih tau apa yang harus kita lakuin, yang selalu kasih masukan. Ya emang ada sih dospem yang kaya gitu, tapi kalo kalian dapet dospem cuek? hemmm mamam dah tuh.
   Gue pribadi butuh waktu 2 bulan untuk tau karakteristik dan gimana cara mainnya dospem gue. Ya selama dua bulan itu skripsi gue ya mandeg ga jalan-jalan dibab 3 terus dan gue beneran ga nyambung sama dosen pembimbing gue itu. Dospem gue orangnya tuh lumayan cuek, dia cuma meriksa penulisan gue doang awalnya, kayak typo, huruf kapital, spasi, dan sekalinya nanya dia langsung nanya secara umum skripsi kamu udah sampe mana, ada kesulitan engga, ada yg mau ditanyain gak, jujur gue bingung harus jawab apa. Jadi gue waktu bilang pak flowchart saya udah bener belom, disitu si dospem langsung baca skripsi gue ulang. Dia liat sekilas dan dia bilang, " kamu perusahaan konstruksi kenapa bikin flowchartnya gini? ini mah untuk perusahaan dagang. kemaren kamu wawancara siapa? Ini teori yang kamu pake apa" jlebbb ditanya teori, gue masih ga bisa jawab dan waktu gue bilang gue wawancara direktur gue dikasih masukan untuk wawancara bagian terkaitnya karena direktur itu cuma tau proses perusahaan secara umum. Dan disini gue baru merasa nyambung sama dospem gue :D
    Saran gue untuk fase ini, kalian WAJIB mencatat semua kebingungan kalian waktu nulis skripsi dibuku khusus, dan pertanyaan yang telah kalian siapin itu tanyakan pas bimbingan. Selalu laporin progress skripsi kalian udah sampe mana, jangan diem aja karena kalo diem dospem mikirnya kalian bisa ngerjain itu. Lalu intinya nurut aja deh sama apa yang dospem kalian, biar nilainya gede, jangan ngelawan atau nyolot ya!
proposal kelar bukan berarti bab 3 kelar
4. Pertanyaan sidang diluar topik?
    Setelah begadang-begadang ria dan ngejar-ngejar dospem akhirnya sampe juga ketahap akhir yaitu sidang. Sumpah sidang disini random abis karena untung-untungan banget. Sepinter-pinternya kalian kalo apes juga ya bakalan dapet C atau bahkan harus sidang ulang. Itu yg gue pelajari waktu dateng dan nonton sidang temen-temen. 
    Saran gue untuk fase ini ga banyak sih, cukup perbanyak doa aja, karena dengan doa kalian pasti bakalan dapet penguji yang baik, jangan songong mentang-mentang udah menguasai materi terus gamau doa! Gue waktu itu dapet penguji baik banget, walaupun suka nanya-nanya akuntansi dasar! Siapin power point kalian dari jauh-jauh hari, buat kalian yang bingung contoh ppt yang baik itu kaya apa gue akan share dibawah ya, presentasi yang baik sih ga lebih dari 10menit, atau bisa juga kalian minta referensi sama temen-temen kalian yang udah sidang, Usahain kalian punya Backup data ppt ya, entah via email, fd, hp, antisipasi aja kalau terjadi apa-apa.
Yang mau PPT klik disini ya
    Kalo untuk belajar gue pribadi sih H-3, tapi kalo baca-baca singkat ya H-7 lah cuma itu kaya baca komik gitu loh cuma sekilas liat gambar udah wakakaka, cuma Alhamdulillah banget gue bisa nguasai materi. Perbanyak nanya sama temen kalian yang udah sidang juga ya! Kira-kira pertanyaan apa, usahain nanya sama yang satu topik juga! Jangan tidur kemaleman, baca secukupnya, ngafalin secukupnya, Just believe in your self!! Itu skripsi kan kalian yang bikin, gausah takut dan cemas pasti bisa jawab kok! Oh ya kalian jangan lupa baca dikit-dikit soal teori-teori semester 1, contohnya gue kan akuntansi biasanya pertanyaan-pertanyaan akuntansi dasar suka keluar. walaupun skripsi kalian ga berhubungan dengan itu.
sambil magang, sambil baca dikit
    Dan yang terpenting pas hari H jangan dateng mepet, usahain 1 jam sebelum mulai, karena kalian bisa sharing pertanyaan-pertanyaan dasar yang mungkin akan ditanyain, jangan lupa makan dan minum secukupnya aja! Gue sebelum sidang lupa minum lagi jadi pas jelasin powerpoint gue aus banget, tapi bukannya gue lupa minum, gue ada kali tu minum berapa botol tapi bawaannya mau minum terus aja wahahahaa. Pas sidang pasti gugup sih, tapi percaya deh lama-lama gugupnya ilang sendiri pas udah didepan, pokoknya harus yakin sama yang kalian jelasin. Nanti waktu sesi tanya jawab kalian bakal dikoreksi ada salah pengucapan gak pas presentasi, disitu kalian terima aja masukannya apa, iyain jangan nyolot, kalo bisa senyum, tapi serius, ya liat situasi lah. Terus waktu ditanya kalian ga bisa jawab kalian harus tetep jawab apapun itu yang ada diotak kalian, jangan kelamaan mikir dan apa lagi LANGSUNG bilang GATAU. Penguji paling ga demen tuh sama mahasiswa yang kaya gitu dan bisa di cap C. Kalo gue ya gue jawab-jawab aja, dan untungnya jawaban gue selalu nyerempet kebener sih.
keringet dingin, lepek, minyak, warbyasah! terimakasih!
5. Revisi
    Gampang kok, ikutin aja maunya penguji apa. Kan dia nanti kasih masukan juga dinotulen. Kalo bisa sih pas sidang kemaren kalian juga nulis masukannya sendiri entah itu dikertas atau di softcover kalian. Lalu kertas yang dicoret-coret sama penguji jangan langsung dibuang. Langsung bawa aja pas mau minta tanda tangan revisi, karena itu penanda bahwa bagian ini nih yang harus di revisi dan jadi gak perlu kerja dobel!

6. Bagian administrasi rese :(
    Bagian admin emang bagian paling penting sih, sekaligus bagian rempong. Gue masih inget margin gue salah dan gue gatau cara benerinnya, dan gue harus nge print berkali-kali sampe marginnya bener. Untuk skripsi ini gue abis 2 rim kertas dan 3x suntik tinta printer.Terus gue masih inget warna Hardcover gue salah, gue bingung nentuin warnanya apa karena dipanduan ga ada. Jadi ya terpaksa gue bikin Hardcover ulang lagi! Yah pokoknya ngeribetin deh gue mending suruh bikin bab 4, 3kali daripada urusan sama print-an dan bagian admin. Kebayang ga sih bagian admin sampe ngukurin pake penggaris untuk jarak marginnya :(
jadi ngerepotin pak dospem lagi :(
salah warna jir ada-ada aja, punya gw yg pucet -_-
mahakarya selama 21tahun hidup didunia yang fana ini
7. Capek hati, pikiran, dan tenaga, kadang bawaannya pengen nikah.    
    Yups ga dikit loh mahasiswa yang ga kuat lanjutin skripsi, dan berujung extend, dan nikah. Nah gue? Gue sih mikirnya cuma males ngulang doang, males bayar ini lagi, males ketemuan, dan Tuhan belom jodohin gue sama si Mr. Cotton Candy aka Pianis juga, jadi ya gue harus bersikeras ngalahin mimpi buruk skripsi ini. Ya pokoknya kalian harus punya keinginan yang kuatlah kalo skripsi kalian harus selesai semester ini.
    Kadang emang males sih, untuk ngetik dan begadang-begadang lagi, tapi inget sama orang tua, dan waktu itu gue dikasih asupan nutrisi cukup jadi ga ada kata engga buat ga ngelanjutin skripsi. Gue juga semaleman ditemenin OREO. Gila gue bersyukur banget didunia ini ada OREO, berkat oreo gue bisa selesein skripsi tanpa maag kumat, tanpa sakit, thanks banget oreo!!
dah ga lepek lagi yay
temen seperjuangan sidang
operator dan audiences kuu
my special guests!
Tanpa bantuan dan dorongan semangat kalian gue ga akan bisa jadi SE! Makasih ya buat semua orang yang namanya gue tulis di Kata Pengantar! Hayooo gue udah lulus nih, kalian kapan? Atau ada yang punya tips juga? Share di kolom komen yaa! xoxo-

5 comments:

  1. Hai ka,

    makasih ya tips2nya. kebetulan aku lagi skripsi ni ka, mau tanya dong ka. kalau dapet pembimbing Pak Tjin Tjiap Lung itu gimana ya?? aku dapet dospem dia hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anon! Wah kebetulan temen aku ada yang dapet dospem bapak itu, beliau agak susah ditemui di kampus karna ngajar bagi dia itu ibarat part time, jadi kamu siap-siap aja kudu nyatronin kantornya! Oh ya satu lagi denger-denger dia kalau ngomong kayak orang marah-marah, jadi kalo kamu mau lulus dibawah bimbingan dia jangan baper, oke?

      Good luck non ^^

      Delete
    2. waaah bener banget ka, aku ini lagi kebingungan dari awal proskip di approve sampai sekarang belum bisa hubungin beliau :(oia kenalin ka aku ira anak binus online, salam kenal ya :) ka aku boleh ga minta kontak kaka? mau tanya2 banyak, soalnya aku buta banget nih . ditambah lagi aku mahasiswa online yang jarang banget ke kampus :(

      Delete
    3. boleh, ku bantu seingetku ya non :3
      line aku ayuleith

      Delete
  2. malam kak, kak sekar saya mahasiswa ekonomi akuntansi yg sebentar lagi ingin mengajukan proposal skripsi. saya tertarik dengan penujian kualitatif kakak. boleh ga kak saya liat skripsi kak sekar sebagai bahan refensi. apabila tidak boleh juga tidak apa-apa kak. Terimakasih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...