Friday 30 March 2018

Lapor SPT dengan EFIN atau Manual? Pake EFIN saja!

Siang guys, udah lama sekali sejak terakhir kali gw ngepost sesuatu. Banyak masalah yg harus gw pikirkan gimana caranya untuk menyelesaikannya dan bangkit. Sekarang ini, gw masih mengurai benang2 kusut itu.Tapi dipostingan kali ini, gw nggak mau curhat, gw mau bagi pengalaman untuk kalian para freshgraduate atau siapapun itu yang belom lapor pajak dan mau ajuin efin.

Oke setelah dapet bukti potong 1721 A1 dari kantor jujur gw bingung gw harus ngapain. Karena dikantor sebelumnya gw nggak pernah isi beginian walaupun udah punya npwp. Kantor gw yg baru ini kasih himbauan sih soal cara pengisian SPT by email baik manual ataupun lewat efin. Tapi karena males baca.. Akhirnya gw ngikut2 senior gw aja, yg katanya mau isi manual sekitaran tanggal 20 Maret. Seiring berjalannya waktu, gw sama sekali nggak ngelakuin apapun dan nggak ada inisiatif untuk lapor, tapi kok lama2 jadi beban pikiran apa lagi katanya ada denda 100ribu untuk mereka yang nggak isi SPT tiap tahunnya. Dan akhirnya.. Gw pun cari tahu lewat internet bagaimana cara ngisi SPT itu secara manual. Setelah diisi kita bisa pilih mau kirim via dropbox atau antar sendiri ke kantor pajak terdekat. Tapi karena, gw pgn tau prosedurnya gimana akhirnya gw mutusin untuk dateng ke kantor tigaraksa, letaknya percis didepan kampus UMN.

Setelah yakin bahwa SPT yg gw isi bener (minta koreksi senior). Gw pagi2 dateng ke kantor pajak. Gw bawa SPT yg udah diisi di excel dan di print, serta bukti potong 1721 A1 yg copy. Kantor pajak buka jam 8, tapi gw udah standby dari jam set 8 biar cepet dilayani. Nah pas jam 8, 2 petugas pajak datang dan bersiap melayani. Tiba2 pas sebelum giliran gw, ada petugas pajak lain datang dan ngomong, "untuk nomor pajak dengan kode xxx nggak bisa lapor manual ya, harus pake efin, untuk daftar efin bisa ke bagian sana"


Jujur, saat itu gw nggak ngerti kodenya apa dan maksudnya apa. Gw nanya sebelah gw pun dia juga nggak ngerti. Nah pas giliran gw, akhirnya bener aja, nomor npwp gw tuh masuk kode xxx jadi wajib bikin efin dan lapor lwat internet. Agak panik dan bingung dong gw. Apa lagi petugasnya cuma bilang daftar efin disana. Lalu krn masih bingung gw pun pergi kepusat informasi yg ada ditengah2 stand nya.
sedikit info
Dia jelasin SPT Manual gw ditolak karena intinya npwp gw dulu dibuat disini dan wajib lapor lewat efin dia langsung kasih form dan nanya apa ada fotokopi ktp sama npwp? Kalo nggak ada nanti di kopiin. Dan saat itu gw nggak ada, jadi minta tolong di fotokopiin dan nggak bayar.. Tapi saran gw daripada ribet ngantri
mending siapin dari rumah, download form dari internet dan isi dari rumah, jangan lupa siapkan fotokopi npwp dan ktp 1 lembar aja biar nanti kita langsung lapor kepetugas.


kondisi saat minta kode aktivasi efin

Gw ngantri sambil isi form, cepet banget nggak ada 15 menit gw udah dapet kertas kuning yang isinya kode efin! Langsung deh gw balik kantor, bawa pulang SPT manual yang gagal dilaporin.

formnya bisa diambil langsung di KPP atau browsing di situs-situs pajak, tapi kurang lebih bentuknya gini
kode efin siap di aktifkan
Tapi, kalau kalian takut salah, bisa ikut gabung aktivasiin bareng petugas dan para pendaftar yang lain, karena di KPP tigaraksa disediakan komputer juga loh
jangan lupa ambil nomor antrian
Karena kebetulan kantor lagi gabut gw pun buka website djp untuk daftarin efin. Krn gw waktu itu bikin npwp online, gw pikir gw nomor npwp gw sudah terdaftar tapi ternyata belom!! Tapi tenang cara daftarnya gampang bgt!
1.buka website, lalu pilih anda belum terdaftar
2. Isi nomor npwp, efin, kode keamanan
3. Benarkan dan lengkapi data diri dan password efin. Nanti kalo udh akan dikirim link by email
4. lalu cek email kalian, nanti ada email dari djp bukti bahwa kalian udah daftar dan nanti dikirimkan semacam link gitu
5. lalu kalian klik deh link tersebut nanti ada notifikasi kalo kalian udah sukses mendaftar dan login ulang untuk isi SPT nya!

Atau biar lebih jelas bisa klik link yutup berikut yaa.

Habis itu tinggal lapor SPT deh, kalo masih bingung bisa liat tutorialnya disini
Dan taraaa tahun ini gw sudah daftar, tapiii ada notif nih karena gaji gw dibawah 4.5jt sbenernya nggak wajib lapor. Caranya tinggal isi wp ne lalu serahin kekantor pajak, tapi kata senior gw sih isi iai aja. Jadi yaudah gw isi aja, ngikutin arus 🙂

Yakk sekian info yang bisa gw kasihh, kalo misalnya ada salah bisa kasih tau gw di kolom email yaa biar gw dan org lain yg baca jadi nggak tersesaatt. Oke okeee, thankyouuu!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...